Kamis, 01 Juli 2010

Pemilihan Media


Perlunya Pemilihan media
• Masing-masing media mempunyai kelebihan dan kekurangan.
• Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran
• Dipilih dan digunakan dengan benar
• Tidak satupun media dapat mencapai tujuan belajar

Kriteria Pemilihan Media ada 7 faktor:
Tujuan
• Penggunaan media (instruksional, informasi, hiburan)
• Katagori Pembelajaran yang ingin dicapai:
1. Kognitif: berdasarkan pengetahuan faktual yang empiris (pengalaman)
2. Afektif: melibatkan perasaan dan emosi
3. Psikomotor: berhubungan dengan aktivitas fisik
• Sasaran (karakter, jumlah, latar belakang, motivasi)
• Waktu (pembuatan, penyajian)
• Ketersediaan (pengembangan, peralatan)
• Biaya
• Karakteristik media (kelebihan dan kelemahan)
• Mutu teknis (visual, audio)

Prosedur Pemilihan Media
• Kegunaan materi
• Kemenarikan
• Mengena langsung dengan tujuan khusus
• Format sajian
• Mutakhir atau keotentikan materi
• Konsep fakta terjamin kecermatannya
• Memenuhi standar selera
• Keseimbangan kontroversial
• Tidak mengandung propaganda
• Standar kualitas (gambar, narasi, efek, warna, dll)
• Struktur materi direncanakan dengan baik
• Proses uji coba atau validasi (tingkat keberhasilan)

Pengembangan Media
• Menganalisis kebutuhan dan karakteristik sasaran
• Merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan media
• Mengembangkan materi pelajaran yang akan dicapai melalui media sesuai tujuan pembelajaran
• Membuat draft atau prototype media sesuai jenis media yang telah ditentukan
• Mengevaluasi atau menguji coba prototipa media yang telah dihasilkan
• Mengadakan analisis hasil uji coba dan merevisi bila diperlukan

Karakteristik Media Internet


Media Internet merupakan media komunikasi berupa data, gambar, teks, video, maupun suara melalui jaringan komputer yang berskala internasional.
Pengguna perlu memiliki identitas khusus, misal alamat IP (internet protocol).
Protokol adalah tata cara jaringan berkomunikasi. Protokol ini, secara resmi dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan cara standar untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data tersebut dapat dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.

Kelebihan media internet
• Berskala internasional
• Mudah untuk mengirim dan menerima data
• Individual
• Fleksibel
• Cost effectiveness untuk informasi yang didapat
• Motivasi
• Mendapat data berupa teks, video, audio, maupun gambar

Kekurangan media internet
• Perlu listrik
• Perlu jaringan khusus
• Lambat mendapat informasi kalau pemakai banyak

Karakteristik CD Multimedia Interaktif


Pengertian:
• Multimedia berasal dari kata “multi” (banyak) dan “media”, sehingga mutimedia dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai media.
• Program pembelajaran terdiri dari berbagai media yang disusun secara utuh, terintegrasi, dan mempunyai tujuan pembelajaran.
• Jenis media antara lain: Teks/huruf, Audio, Video, Grafis, Animasi, Simulasi.
• Bersifat fleksibel (dapat memilih materi maupun penggunaan waktu)
• Bersifat self-pacing (kecepatan belajar tiap individu berbeda)
• Bersifat content-rich (menyediakan informasi yang cukup banyak/ pengkayaan)
• Bersifat interaktif (komunikasi dua arah, ada respon/feedback)

Kelebihan CD Multimedia Interaktif
• Interaktif
• Individual
• Fleksibel
• Cost effectiveness
• Motivasi
• Umpan balik
• game/simulasi
• Kontrol ada pada pengguna
• Soal-soal
• Animasi, video, musik, audio, ilustrasi, dll

Kekurangan CD Multimedia Interaktif
• Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
• Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
• Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
• Pengembangannya memerlukan adanya tim yang profesional
• Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
• Tidak punya sentuhan manusiawi

Karakteristik Media Video


Media video atau media audio visual yang menampilkan gerak saat ini semakin dikenal di kalangan masyarakat.
Media ini berupa rekaman pada pita magnetic melalui kamera video. Meskipun media video hampir sama dengan media film dalam karakteristiknya, tetapi tidak dapat menggantikan film karena baik video maupun film mempunyai kelebihan dan kelemahannya. Out put pada saat ini dapat berupa video kaset, VCD maupun DVD.

Kelebihan media video antara lain.
• Mengutamakan objek yang bergerak.
• Berwarna, bersuara, dan didukung oleh efek suara maupun visual.
• Dapat menyajikan animasi apabila perlu menyajikan suatu proses.
• Mudah menyajikannya.
• Tidak memerlukan ruang gelap

Kelemahan media video antara lain.
• Perlu peralatan khusus untuk penyajiannya
• Perlu tenaga listrik
• Perlu kerja tim dan keahlian khusus dalam pembuatannya

Karakteristik Media Slide


Media slide terdiri dari film aktachrome (positif) berukuran 35 mm dipotong satu persatu dan diberi bingkai (2 x 2 inchi) yang terbuat dari karton atau plastik. Karena itu media slide disebut film bingkai suara.
Program slide disajikan dengan slide projector yang dipadukan dengan suara yang menyertainya.
Penyajian program slide bersifat klasikal.

Karakteristik Media Slide
Kelebihan media slide antara lain.
• Tahan lama
• Guru sebagai nara sumber dan operator
• Berwarna dan bersuara sehingga menarik
• Dapat ditampilkan berulang-ulang
Kelemahan media slide antara lain
• Pembuatan memerlukan keterampilan khusus
• memerlukan peralatan khusus (slide projector) dalam penyajiannya;
• perlu ketelitian dalam penyiapan penyajiannya karena gambar sering keliru urutanya/tertukar atau terbalik.

Karakteristik Media Audio


Media audio adalah media yang mengutamakan indra pendengaran. Pesan-pesan yang akan disampaikan dapat dituangkan kedalam lambang-lamabang auditif, baik verbal (kata-kata) maupun non verbal (sound effect).
Yang termasuk media audio antara lain radio dan kaset audio. Program audio (kaset) teramsuk salah satu media yang sudah memasyarakat hingga tingkat pedesaan.

Karakteristik Media Audio
Kelebihan media audio antara lain.
• Materi tak akan berubah
• Biaya produksi relatif murah
• Peralatan paling murah dibanding dengan media lainnya
• Program kaset dapat disajikan di luar sekolah (wawancara, rekaman kegiatan, dll)
• Rekaman dapat dihapus dan kaset dapat dipakai ulang
• Penyajian sepenuhnya dikontrol penyaji

Kelemahan media transparasi antara lain.
• Daya jangkau terbatas (beda dengan radio)
• Pengadaan, penggandaan, pendistribusian sedikit bisa mahal

Karakteristik Media Transparansi


Overhead Transparency (OHT) merupakan perangkat lunak/software sedangkan perangkat kerasnya/ hardware adalah Overhead Projector (OHP). Selanjutnya Overhead Tranparancy (OHT) akan kita sebut dengan istilah “tranparansi”.
Transparansi adalah lembar bening/plastik tembus pandang yang berisi pesan, penjelasan atau pelajaran yang akan disampaikan penyaji baik berupa tulisan maupun gambar.
Ukuran dalam 24,5 cm x 19 cm, luar 30,5 cm x 27 cm.

Kelebihan media transparasi antara lain.
• Penggunaannya praktis
• Mempunyai variasi teknik
• Tahan lama/tidak mudah rusak
• Tidak memerlukan ruang gelap
• Mudah dioperasikan, sehingga tidak perlu operator
• Dapat disajikan berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan
• Waktu penyajian dapat bertatap muka dengan peserta didik
• Dapat disiapkan sendiri oleh guru

Kekurangan media transparasi antara lain.
• Memerlukan listrik
• Memerlukan peralatan khusus untuk menampilkan yaitu Overhead Projector (OHP)
• Memerlukan panataan yang khusus
• Memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatan
• Menuntut cara kerja yang sistematis karena susunan urutan mudah kacau

Peranan Media Pembelajaran


Media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang berarti perantara atau pengantar, dengan kata lain Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima.
Media yang dirancang dengan baik dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri peserta didik.
Media sebagai alat bantu visual:
• mendorong motivasi belajar
• memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak
• mempertinggi daya serap atau retensi belajar
Nilai Praktis Media
• Memvisualkan yang abstrak (animasi peredaran darah)
• Membawa objek yang sukar didapat (binatang buas/berbahaya)
• Membawa objek yang terlalu besar (gunung, pasar)
• Menampilkan objek yang tidak dapat diamati mata (mikro organisme)
• Mengamati gerakan yang terlalu cepat (jalannya peluru)
• Memungkinkan berinteraksi dengan lingkungannya
• Memungkinkan Keseragaman pengalaman
• Mengurangi resiko apabila objek berbahaya
• Menyajikan informasi yang konsisten dan diulang sesuai dengan kebutuhan
• Membangkitkan motivasi belajar
• Dapat disajikan dengan menarik dan variatif
• Mengontrol arah maupun kecepatan peserta didik
• Menyajikan informasi belajar secara serempak dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan
• Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu